Musyawarah Desa Penetapan RKPDesa Tahun 2024 & Perubahan Tahun 2023

  • Oct 01, 2023
  • Ratatotok Timur

Badan Permusyawaratan Desa Ratatotok Timur telah menyelenggarakan Musyawarah Desa Pembahasan, Penetapan, dan Pengesahan RKP Desa Tahun Anggaran 2023. Musyawarah Desa yang selanjutnya disingkat Musdes ini dilaksanakan pada hari Rabu (27/09/2023), bertempat di Balai Pertemuan Umum.

Musdes ini dihadiri oleh Pendamping Desa Pemberdayaan,Sonia Komalig dan Pendamping Lokal Desa,Zulkarnain Bobihoe  Perangkat Desa ,Tokoh Masyarakat dan Perwakilan warga Miskin di Desa.

Hukum Tua yang diwakili Oleh Kaur Umum,Mohamad Saifudin dalam sambutannya menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa untuk mempercepat proses pembangunan di Desa . “Pemerintah Desa terus berupaya secara maksimal berinovasi, berkreatifitas dan memaksimalkan SDM yang dimiliki untuk bisa melaksanakan program-program pembangunan dengan tetap menggandeng pihak lain melalui kerjasama desa ataupun koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pusat untuk mempercepat proses pembangunan,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Pendamping Desa Pemberdayaan,Sonia Komalig, menyampaikan apresiasi terkait pelaksanaan Musdes yang telah sesuai dengan regulasi dan inovasi-inovasi di Desa Ratatotok Timur dalam bidang pelayanan kepada masyarakat. “Pemerintah Desa sudah melaksanakan perencanaan tepat waktu dan sesuai dengan regulasi. Desa Ratatotok Timur memang luar biasa terutama terkait inovasi-inovasinya, harus tetap dipertahankan, serta semoga seluruh program yang direncanakan oleh Pemerintah Desa bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Desa ,” ujarnya.

Ketua BPD , Nova Lengkey dalam sambutan dan sekaligus membuka Musdes kali ini menyampaikan Kegiatan Musdes ini telah sesuai dengan regulasi. “Perlu kami sampaikan, sebelum terlaksananya Musdes pada hari ini, Pemerintah Desa dalam penyusunan Rancangan RKP Tahun 2024 dan Perubahan Tahun 2023 telah melaksanakan tahapan-tahapan antara lain Pembentukan Tim Penyusun RKP, Pencermatan dan Penyelarasan Rencana Kegiatan dan Pembiayaan Pembangunan Desa, Pencermatan Ulang RPJM dan Mesrenbang Desa Pembahasan Rancangan RKP Desa dan DU RKP,” pungkasnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Sudirman Husa, tokoh agama terkait pelaksanaan Musdes ini dan beliau juga menyampaikan harapan untuk pelaksanaan program di Desa. “Terkait materi Musdes hari ini, kami sangat setuju dan berharap kegiatan ini nantinya bisa semua terealisasi di tahun 2023 & 2024,” harapnya.